Friday, June 19, 2015

R.A.D.I.A.S.I

Apa Itu Radiasi?

Pengenalan

Radiasi adalah satu bentuk tenaga bergerak. Radiasi bersifat elektromagnet, iaitu, ia terdiri daripada gelombang-gelombang elektromagnet dan tenaga magnet yang bergerak seiringan melalui ruang pada kelajuan cahaya. Ada pelbagai jenis radiasi seperti sinar Ultraviolet (UV) dari matahari, infrared, gelombang mikro, dan gelombang radio.

Setiap hari kita terdedah kepada radiasi yang terdapat dalam cahaya matahari, bahan radioaktif yang tertimbus dalam tanah atau batu, radon, televisyen berwarna, bangunan, produk-produk agrikultur, lombong dan pembakaran arang.






RADIASI

Belakangan ini, laporan yang negatif mengenai gelombang elektromagnet merugikan kesehatan tubuh terus bermunculan. Semua alat elektronik mengeluarkan radiasi sejenis medan elektromagnetik (electromagnetic field atau EMF). EMF adalah jenis radiasi yang non-ionisasi, atau radiasi yang energinya bahkan tidak cukup untuk mengionisasi atom atau mengeksitasi elektron, berbeda dengan radiasi uranium, yang merupakan radiasi ionisasi.

Namun, jika pengguna barang-barang elektronik tersebut terlalu lama terkena radiasi EMF dari barang-barang elektronik akan mempengaruhi terhadap kesehatannya. Peralatan elektronik rumah tangga yang digunakan umum setiap hari seperti handphone, komputer, tv, mesin cuci, peti ais, bahkan pengering rambut, karena radiasi gelombang elektromagnetnya dianggap sebagai “pembunuh” nyata yang semakin menakutkan.

Para pakar mengatakan, dalam kehidupan sehari-hari, di mana-mana terdapat radiasi gelombang elektromagnet. Dari hasil riset sebuah lembaga penelitian di Amerika Serikat disebutkan bahwa radiasi monitor komputer secara diagonal terjadi bocoran radiasi yang jauh lebih besar terutama dapat mengganggu kesehatan mata Anda. Efek yang paling terkena dampak radiasi adalah kerusakan pada mata, tetapi bersifat gradual.

Radiasi komputer dapat mengakibatkan rabun mata, katarak, epilepsi. Efeknya baru dirasakan 15 atau 20 tahun kemudian. Efek tersebut merupakan proses yang terjadi secara bertahap yang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa resiko tersebut benar-benar bisa terjadi.
Lalu bagaimana cara mengurangi bahaya radiasi komputer? Berdasarkan penelitian tingkat pancaran gelombang elektromagnet terhadap kesehatan, disarankan agar tidak menempatkan peralatan elektronik rumah tangga terlalu memusat, terutama TV, komputer dan kulkas yang sebaiknya tidak dipusatkan dalam satu ruang atau saling berdekatan karena bisa meningkatkan dosis radiasi dalam jumlah yang berlebihan.

Untuk itu, posisi peletakan komputer dalam tata ruang sangat penting. Bagian belakang layar komputer jangan sampai menghadap orang lain, karena radiasi komputer paling besar terdapat di belakang layar, sedangkan di depan layar memiliki tingkat radiasi paling rendah. Bagi pengguna komputer, juga disarankan untuk rajin mencuci muka dan tangan, berolahraga ringan agar tubuh hangat setelah berjam-jam di depan komputer.

Menurut Dr Setiadjit Yang, batas medan elektromagnetik yang bisa ditoleransi tubuh manusia adalah 2.5 miliGauss sedangkan laptop bisa mengeluarkan radiasi lebih dari 150 mG saat digunakan.“Kemajuan teknologi yang memberi kemudahan pada manusia dalam melakukan aktivitas kesehariannya juga memiliki dampak seperti penggunaan komputer atau handphone yang menghasilkan radiasi dan berpengaruh negatif terhadap kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam menggunakan teknologi,” katanya.

Oleh karena itu, jika harus menggunakan komputer atau laptop dalam aktivitas sehari hari, maka disarankan melakukan beberapa hal untuk mengurangi radiasi.
Bila bekerja dengan komputer disarankan untuk setiap sekitar 30 sampai 50 menit mengistirahatkan mata selama 5 menit, cobalah lihat tanaman yang berwarna hijau, lihat objek dengan jarak pandang yang berubah mulai dari yang terdekat sampai terjauh.

Hindari meletakan laptop di atas paha saat bekerja, karena tidak adanya jarak tubuh dengan laptop menimbulkan resiko yang lebih besar terhadap radiasi. Komputer desktop dilengkapi dengan casing metal sehingga membentuk pelindung Gauss yang melindungi dari radiasi.

Jangan lupa untuk terus makan makanan yang bergizi terutama yang mengandung banyak vitamin A misalnya wortel. Namun perlu diingat bahwa konsumsi vitamin A agar disesuaikan dengan dosisnya.
Khusus Orang Tua dan Calon Orang Tua : Anjurkan anak Anda dari  sekarang, menonton TV / main playstation, dsb, dengan jarak minimal 3 meter. Jangan membaca sambil tidur / ditempat yang kurang pencahayaannya. Hal ini sangat penting ditanamkan sejak dini.

Untuk menghindari efek negatif radiasi dari Laptop atau komputer disarankan untuk menghindari pengaruh radiasi secara langsung yang hebat pada monitor serta sistem mekanisnya. Dalam sebuah riset ditemukan pada 30.000 kasus pada pekerja komputer tahun 1969, menemukan kasus mayoritas yang terjadi adalah selain kanker otak juga gangguan sistem saraf pusat manusia juga menyebabkan kematian.

Selain laptop dan komputer, Wi-Fi (wireless fidelity) atau jaringan lokal nir kabel, yang semakin populer penggunaannya, juga menjadi penyebab radiasi terhadap tubuh manusia. Receiver (penerima) koneksi wireless juga menghasilkan radiasi microwave, sehingga ada juga dugaan yang menyebutkan bahwa sinyal wireless jauh lebih berbahaya.

Dibalik kemudahan yang ditawarkan Wi-Fi yang mampu masuk ke jaringan internet tanpa harus repot menyambungkan kabel dari komputer ke line telepon ini ternyata hal itu berdampak negatif terhadap kesehatan. Bahaya yang ditimbulkan dari Wi-Fi yakni dapat mengakibatkan nyeri di kepala, gangguan tidur (insomnia), mual-mual terutama bagi mereka yang electrosensitif.

Temuan ini dianggap signifikan. Pengujian menunjukkan bahwa anak-anak menyerap radiasi yang lebih banyak daripada orang dewasa. Karena anak-anak memiliki tengkorak yang lebih tipis ketimbang orang dewasa dan masih dalam tahap pertumbuhan. Namun, organisasi kesehatan dunia atau WHO (World Health Organization) menyangkal hasil temuan tersebut dan menyebut efek Wi-Fi masih di bawah batas yang bisa merusak tubuh manusia.

Barang elektronik lainnya yang juga berbahaya terhadap kesehatan manusia adalah telepon genggam atau handphone. Efek radiasi dari handphone menyebabkan penggunanya mudah mengantuk, susah tidur, menurunkan tingkat kecerdasan, mempengaruhi fungsi otak pada anak-anak, pemicu kanker mulut, berbahaya bagi janin yang ada dalam kandungan.

Dampak negatif lainnya yakni dapat membuat tuli, mempengaruhi tingkat kesuburan pada pria, penyebab infeksi mulut, peningkatan risiko autis pada anak, risiko stroke akibat perubahan protein albumin serta mempengaruhi fungsi enzim dan protein, merusak DNA dan mengganggu perkembangan otak pada anak dan memicu tumor otak, membuat pembuluh darah di leher menyempit sehingga meningkatkan tekanan darah, pemakaian ponsel selama 35 menit dapat menaikkan tekanan darah 5-10 mmHg.

Memang bukan perkara yang mudah untuk menghindari radiasi pada elektronik, karena untuk menjalankan pekerjaan sehari-hari  sudah tentu Anda selalu dituntut untuk tetap menggunakan peralatan tersebut. Namun, masih ada beberapa cara seperti diatas yang bisa dilakukan untung mengurangi efek buruk dari radiasi.



Punca Radiasi

1.Secara Semulajadi: seperti dalam Bumi dan dari Kosmik

2.Buatan Manusia: seperti digunakan dalam bidang perubatan (X-ray, CT Scan, Perubatan Nuklear dan Radioterapi)

3.Lain-Lain Punca: seperti kitaran bahan bakar nuklear


APA PULA KAITAN RADIASI DAN TELEFON BIMBIT ANDA (HANDPHONE)

"Adanya radiasi handphone yang menyebabkan gangguan kesihatan hingga kini memang masih menjadi perdebatan. Meskipun masih dalam perdebatannya, sebagai produk elektronik yang memancarkan gelombang, kewujudan handphone perlu tetapan dan tata cara pakai yang memuaskan dan selamat. Dr. George Carlo, pesara penyelidik industri handphone dari Amerika menyebutkan setiap tahun terjadi 30 hingga 50 ribu kes gangguan kesihatan akibat handphone.

Dr. Carlo juga mengatakan pada tahun lalu di negaranya terjadi 500 ribu kes gangguan kesihatan akibat handphone. Dalam kaitan tersebut, Taraka Serrano, penulis dan peguam kesihatan memberikan


beberapa tips  untuk mengelakkan 
BAHAYA RADIASI dari HANDPHONE.

1. Hadkan Penggunaan Masa berbual
Biasakan untuk menyekat waktu bebicara di handphone, paling tidak persiapkan terlebih dahulu bahan untuk perbincangan. Setelah dua minit anda berbincang di handphone maka aktiviti natural electrical akan mula meningkat ke otak.

2. Terdedah Terhadap Anak-anak
Anak-anak tentu mempunyai ketahanan fizikal yang lebih lemah berbanding orang dewasa, termasuk dalam hal radiasi handphone. Untuk itu biasakan Anak anda untuk tidak terlalu sering memanfaatkan handphone untuk aktiviti suara. Tapi Anak-anak perlu juga diberi pemahaman untuk pemanfaatan handphone apabila mengalami kecemasan.



3. Manfaatkan Airtube Headset
Walau telah menggunakan alat dengar bukan bermakna anda boleh bebas dari kesan radiasi. Salah satu penyelesaian yakni manfaatkan airtube alat dengar.  Jenis alat dengar ini dilengkapi lubang atau rongga pada speakernya.

4. Jangan Masukkan Handphone di poket seluar
Material bahan di seluar kadang boleh menjadi konduktor yang cepat untuk radiasi, berbanding reaksi ke bahagian kepala. Salah satu kajian mendedahkan kedudukan handphone di poket seluar, terutama dekat lipatan paha boleh berpengaruh pada kualiti sperma hingga turun 30 peratus. Ini boleh menjadi perhatian penting bagi para lelaki.

5. Tunggu beberapa Saat Membuat panggilan
Apabila anda menggunakan handphone tanpa alat dengar, tunggu beberapa saat sehingga panggilan anda disambung ke rangkaian pembekal, baru kemudian tempelkan telinga ke speaker. Sedikit banyak hal ini boleh mengurangkan kesan radiasi.

6. Jangan Gunakan Handphone di Elevator.
Elevator (Lif) telah menjadi standard kemudahan di bangunan-bangunan bertingkat. Elevator pun kini sudah banyak yang dilengkapi penguat isyarat oleh para pembekal. Namun ada pendapat untuk menunda bertelepon di dalam ruang metal tertutup, dalam hal ini adalah elevator dan kenderaan box. Alasannya aktiviti handphone dapat mencetuskan hukum Faraday sehingga boleh memerangkap radiasi yang dipancarkan dan di kuwatirkan akibatnya berbalik kepada pengguna.

7. Penunjuk Kekuatan Isyarat (jangan gayut semasa Handphone anda sedang dicas)
Dikala ingin membuat panggilan, sebaiknya perhatikan pula keadaan rangkaian pembekal di skrin handphone. Jika membuat panggilan di saat isyarat lemah atau satu bar maka proses kerja handphone untuk disambung ke rangkaian pembekal bertambah berat. Ini juga membawa kesan pada peringkat radiasi.

8. Gunakan Handphone dengan SAR Rendah
Setiap handphone yang beredar mempunyai tahap SAR (specific absorption rate) yang berlainan. SAR dalam ertikata sebagai ukuran kadar penyerapan tenaga dari RF (radio frequency) yang dapat masuk ke dalam tubuh. Semakin rendah tahap SAR maka kian bagus handphone yang dimaksudkan. Indikator SAR umumnya sudah disertakan dalam buku manual operasi handphone.

9. EMR Protection
Gunakan peranti baik handphone ataupun lain dengan validasi EMR (Electric & Magnetic Radiation) protection. Salah satu yang mencuat saat ini seperti pemanfaatan bio energy dan Scalar Energy. Radiasi EMR boleh bersifat kumulatif pada tubuh anda, wujud yang paling mudah dilihat yakni biological stress. Jadi sangat penting untuk menggunakan Perlindungan Anti Sinaran.

10. Mengambil Makanan Tambahan
Radiasi dari peranti Microwave di base station boleh mengurangkan kadar anti oxidant di dalam tubuh. Hal ini boleh menjadi ancaman, sebab anti oxidant diperlukan tubuh untuk perlindungan dan membawa pengaruh pada penunjuk stress, jangkitan dan penyakit-penyakit lain. Untuk itu anda perlu mengambil suplemen yang membantu tubuh kuat dari dalam. Di sini saya kongsikan Bio Velocity Alfalfa Concentrated. Ia boleh meningkatkan anti oxidant, melindungi sel otak dan kesihatan mata dan juga sangat baik untuk memulihkan tenaga tubuh menentang radiasi.

11. Menggunakan Lapik tilam Bio Velocity BVSM
Bio Velocity SleepMate™   merupakan kaedah rawatan modern masa kini yg membantu semua golongan yg menderita dgn pelbagai penyakit dgn kaedah lebih mudah dan cepat melalui teknologi tenaga cahaya matahari waktu dhuha hasil kajian Ahli Sains Korea.

Tidak seperti kaedah perubatan yg lain.Bio Velocity™ adalah menggunakan 100% teknologi alam semulajadi dn sangat sesuai utk digunakan oleh semua peringkat umur.BIO VELOCITY juga berupaya sebagai penawar dan mengawal Pelbagai jenis penyakit kronik yang banyak dialami oleh kalangan masyarakat masa kini.



Keterangan Lanjut :
http://jihajumi.blogspot.com/2015/03/bio-velocity-sleepmatelapik-tilam-magik.html

sumber : http://www.myhealth.gov.my/index.php/my/umum/radiasi/apa-itu-radiasi

No comments:

Post a Comment